Taman Keluarga SMPN 29 Pekanbaru, Zamhuri: Peningkatan Literasi Sekolah, Sekaligus Ruang Baca Bagi Orangtua 

  • Sabtu, 05 Oktober 2019 - 00:44:22 WIB | Di Baca : 2022 Kali

 

SeRiau,- Taman Keluarga SMPN 29 Pekanbaru yang baru saja diresmikan tidak hanya sebagai taman bacaan siswa di sekolah,  namun, taman keluarga ini juga bisa dimanfaatkan orangtua. Selain membumidayakan program literasi sekolah, taman keluarga ini bisa difungsikan sebagai ruang baca bagi orangtua sambil menunggu anaknya pulang sekolah.

" Taman keluarga yang diberi nama CERIA ini bisa digunakan orangtua siswa untuk membaca buku sembari menunggu anaknya pulang sekolah," kata Kepala SMPN 29 Pekanbaru, Zamhuri, Jumat (4/10) di Pekanbaru.

Zamhuri mengatakan taman keluarga ini merupakan salah satu program untuk membangun budaya literasi bagi warga sekolah. Taman bacaan ini bisa digunakan siswa membaca buku, apakah disaat istirahat ataupun saat pulang sekolah sebelum dijemput. Sebagai pelengkap di taman keluarga ini,  disiapkan ratusan judul buku fiksi dan non fiksi sebagai bahan bacaan siswa." Kita ingin membudayakan minat baca siswa. Salah satunya dengan membangun taman keluarga ini," kata Zamhuri.

Taman keluarga yang berada pojok kanan depan sekolah ini, di desaain dengan bentuk menarik dan nyaman. Dua meja bulat dan beberapa bangku terbuat dari semen ini dicat dengan warna cerah, menambah kesan taman keluarga indah dipandang mata. Dua tenda lembayung digunakan sebagai pelindung dari sinar matahari secara langsung

Dengan adanya taman keluarga ini disambut baik oleh seluruh siswa. Salah satu siswa Desi kelas IX mengaku nyaman membaca buku di taman keluarga. Meskipun, tempat duduk terbatas hanya 10 tempat duduk, tapi punya kesan tersendiri jika dibandingkan membaca buku di perpustakaan." Waktu baru diresmikan saya bersama teman teman sempat membaca buku ditaman keluarga. Perassan sangat senang karena suasana berbeda dengan membaca didalam ruangan dengan di alam terbuka," kata Desi (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar